Tuesday, April 3, 2007

Wisata Alas Purwo

Surga Petualang Alas Purwo

Udara dingin mengalir terbawa angin menyelusup kedalam jaket yang melapisi tubuh. Seketika itu, perlengkapan ‘senjata’ yang sudah disiapkan mulai membidik satwa-satwa yang berkumpul di kawasan Savana Sadengan. Ya, itulah yang dilakukan beberapa pengunjung, bukan ‘senjata’ dalam arti sesungguhnya yang dipakai namun ‘senjata’ para fotografer berupa peralatan fotografi berupa kamera dan lensa untuk mengabadikan satwa liar.

Hamparan padang rumput hijau yang luas dan lebatnya hutan di pegunungan sebagai latar belakangnya, terdengar suara burung membius telinga dan terlihat titik-titik berwarna gelap bergerak perlahan diantara lebatnya rerumputan. Pagi itu, para pengunjung bisa melihat beberapa ekor rusa (Cervus timorensis), kijang (Muntiacus muntjak), burung merak (Pavo muticus) dan satwa yang paling ditunggu yaitu banteng (Bos Javanicus). Sosok banteng yang kekar dengan warna kulit hitam (banteng jantan) dan cokelat kemerahan (banteng betina), keempat tungkai kakinya seolah mengenakan kaus kaki putih, pantat berwarna putih dan tanduk runcing melengkung sebagai mahkota kepalanya ini menjadikan satwa herbivora yang sangat mempesona dan menjadi kebanggaan sekaligus wisata andalan Taman Nasional Alas Purwo.

Jenis obyek wisatanya pun beragam, sehingga pengunjung dapat memilih mana yang cocok. Bagi mereka yang gemar berpetualang, kawasan Taman Nasional Alas Purwo-lah surganya. Bagi penggemar fotografi, berhati-hatilah untuk tidak kehabisan rol film atau lupa men-charge baterai, karena sungguh banyak obyek wisata yang menarik akan sangat disayangkan kalau dilewatkan.

Baca juga: Potensi Wisata Alas Purwo

No comments: