Thursday, April 12, 2007

Obyek Wisata Baluran

Memasuki gerbang pintu kawasan Taman Nasional Baluran, setiap pengunjung dapat melihat seputar informasi Taman Nasional Baluran di Pusat Informasi untuk mendapat penjelasan secara singkat tentang potensi Taman Naasional Baluran dan atau dapat menyaksikan Program Slide di Batangan. Adapun obyek wisata yang menarik yang ada di Taman Nasional Baluran adalah :

Bekol
Dari gerbang pintu masuk (Batangan) menuju ke Bekol sekitar 12 km perjalanan dengan jarak temupuh memakai kendarana roda empat sekitar 1.5-2 jam. Di Bekol terdapat menara pandang di puncak bukit Bekol yang berketinggian 64 m dari permukaan laut, dari menara ini dapat dilihat berbagai jenis satwa seperti Merak, Ayam hutan, Banteng, Kerbau liar, Rusa, Kijang, Babi hutan dan lain-lain pada waktu pagi dan sore hari serta pemandangan yang indah di sekitar kawasan Baluran. Fasilitas lain yang terdapat di Bekol adalah 3 buah Pesanggrahan dengan kapasitas 28 Orang, Shelter, Musolla, Barak Jagawana, Pos jaga, Kantin dan Tempat parkir.

Pantai Bama
Dari Bekol menuju Pantai Bama tidaklah jauh, hanya sekitar 3-5 km. Pantai Bama merupakan pantai yang landai dan berpasir putih, formasi terumbu karang dan ikan hias yang indah dan di sini dapat melakukan kegiatan Snorkling.
Fasilitas lain yang tersedia 3 buah Pesanggrahan dengan kapasitas 20 orang, Shelter, Jalan trail, kantin, Menara pandang dan Tempat parkir.
Di sekitar Pantai Bama dapat disaksikan atraksi satwa seperti kerbau liar, kijang, rusa, babi hutan yang sedang minum di sendang atau seang mencari makan. Ada juga biawak di sekitar mangrove pantai Bama, ratusan Kera yang sedang mencari makan di daerah pantai pada waktu air laut sedang surut, dan sebagainya.

Di samping satwa dapat pula disaksikan jenis-jenis flora seperti :

  • Formasi hutan Mangrove yang masih utuh
  • Pohon Soneratia (Bakau) terbesar di Dunia (keliling 450 cm)

Sedangkan untuk wisata bahari pengunjung dapat melakukan kegiatan :

  • Berperahu menyusur pantai
  • Berkano/Bersampan
  • Berenang
  • Diving/Snorkling

No comments: